Minggu, 06 November 2011

bauran pemasaran


Artikel bauran pemasaran
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasarn yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarn dalam memenuhi target pasarnya.
4 variabel bauran pemasaran :
1.      Product
Adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan / dikomsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.      Price
Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga merupakan satu-satunya alat baruan pemasaran yang digunakan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
3.      Place
Termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran.
4.      Promotion
Merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomsumsikan manfaat dari produk jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variable-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar.
Faktor-faktor yang mempengaruhi bauran pemasaran:
a.       Jenis pasar produk
Tingkat pemanfaatan alat promosi bervariasi antara pasar konsumen dan pasar industri. Pada perusahaan barang konsumsi lebih memusatkan pada promosi penjualan,periklanan,penjualan perorangan dan hubungan masyarakat, sesuai dengan urutannya. Perusahaan industry akan lebih memusatkan pada penjualan perorangan, promosi penjualan, periklanan, dan hubungan masyarakat.
b.      Strategi dorong lawan strategi tarik
Bauran pemasaran dipengaruhi oleh apakah perusahaan memilih strategi dorong atau strategi tarik untuk menciptakan penjualan perorangan dan promosi penjualan yang lebih diperhatikan sedangkan strategi tarik perklanan dan promosi kepada konsumen akan lebih berperan.
c.       Kesiapan tahap pembeli
alat-alat promosi memiliki efektifitas biaya yang berbeda pada berbagai tingkat kesiapan pembeli. Periklanan dan publisitas memiliki peranan dalam tahap membangun kesadaran. Jadi pada tahap-tahap awal dari proses keputusan pembeli, periklanan dan publisitas akan lebih berperan dan pada tahap-tahap akhir, penjualan perorangan dan promosi penjualan efektif.
d.      Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk :
à tahap perkenalan
à tahap pertumbuhan
à tahap kemampuan
à tahap penurunan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar