Senin, 01 Juli 2013

13 Pertanyaan tentang Usaha Bakso Malang Cak Eko

Nama : Dewi Nuririan Cahayani
Kelas : 2DA01
NPM : 41211961

  1. Kapan beliau mulai usahanya? Dimana? Apakah Dengan usaha yang sama?
  2. Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
  3. Sumber modal awal usahanya adalah dana sendiri atau dari luar? Berapakah jumlahnya!
  4. Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya?
  5. Apakah dengan menjual produk yang sama?
  6. Siapa pemilik dari usaha tersebut pada saat awal dan pada saat sekarang?
  7. Apa bentuk kepemilikannya?
  8. Berapa tenaga kerja yang dipekerjakan saat awal hingga saat ini?
  9. Apakah ada system manajemen tertentu yang ditetapkan saat sekarang?
  10. Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau koordinator dalam kegiatan usaha? Bagaimana cara penunjuk ketua dan coordinator trsebut?
  11. Pernahkah ada prestasi yang dicapai oleh usaha tersebut?
  12. Menurut anda apakah usaha tersebut usaha sukses? Gunakan tujuh aspek kelayakan usaha!
  13. Apakah menurut anda akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasannya!
Jawab :
  1. Sejak tahun 1997 di Jakarta. Beliau memulai menggeluti 11 jenis usaha mulai dari multi level (MLM), agrobisnis jahe, bisnis pakaian muslim, catering, bisnis barang-barang kerajinan, dan sebagainya. Namun keuntungannya tidak seberapa , lalu Cak Eko pada tahun 2006 banting setir untuk masuk ke dunia kuliner, dengan membuka usaha bakso malang.
  2. Beliau tidak sendirian. Kesuksesan yang diperolehnya dibagikan ke orang lain. Dengan keyakinan pada kekuatan brand Cak Eko, ia pun menawarkan kerja sama kepada orang lain yang mau menjalankan waralaba bakso malangnya itu. Bisnis waralaba ia mulai dengan menulis pengalaman bisnisnya ke 10 media masa. Cara ini mendatangkan hasil. Ia kebanjiran respon positif dari banyak kalangan. Mereka menawarkan kerja sama untuk menjalankan waralaba bakso malang Cak Eko didaerahnya masing-masing.
  3. Kedai pertamanya dibuka dengan modal awal sebesar Rp. 2.500.000,-. Omzet penjualan rata-rata di gerainya setiap hari mencapai sekitar Rp. 5.000.000,- sampai Rp. 15.000.000,-. Total gerai diseluruh Indonesia saat ini sebanyak 101 buah yang tersebar di 27 kota. Dengan jumlah gerai sebanyak itu pendapatan bersihnya mencapai Rp. 100.000.000,- / bulan.
  4. Kedai bakso malang didirikan di sebuah foodcourt di Jatiwarna, Pondok Gede, Bekasi.
  5. Selai bakso malang cak eko, membuat juga soto ayam kampoeng suroboyo “jolali”, ayam & bebek goring sambel bledeg “cak tri”, bakmi jogya mbah tarmo, pecel pincuk madiun srimping dan cendhol desa.
  6. Henky Eko Sriyantono, pria berusia 36 tahun. Sang insinyur teknik sipil.
  7. Bentuk kepemilikannya adalah
  8. Cak eko memperkerjakan 4-5 orang disetiap gerai di seluruh kota.
  9. Manajemen keuangan dalam berbisnis Cak Eko selalu memegang beberapa prinsip uasaha. Ia pun membagi beberapa rahasia kesuksesan usahanya, antara lain rahasia kenikmatan bakso buatannya. Kenikmatan bakso m,alang buatannya terletak pada bumbu rahasia yang di komposisinya hana diketahui oleh keluarganya saja. Selain itu, dalam menjalankan usaha pemilik tidak boleh terlalu mudah tersulut dengan kenaikan harga, karena daya beli masyarakat, belum tentu meningkat. Sedangkan untuk mengatasi competitor, menurut Cak Eko yang utama adalah diferensiasi produk. Kualitas produk harus tetap di jaga. Produk usaha haruslah unik dan pengusaha harus senantiasa berinovasi terutama dalam hal promosi.
  10. Ada yaitu cak Eko sendiri sebagai coordinator usaha bakso malang tersebut.
  11. Gerai baksonya sudah menjadi salah satu waralaba berprospektif dan meraih berbagai penghargaan.
  • Tahun 2009 = pemilik dan pendiri waralaba bakmi jogja mbah tarmo
  • Tahun 2008 =
  • pemenang I wirausaha muda katagori mahasisa program pasca sarjana dan alumni
  • the best in business prospect Indonesia franchice
  • pemenang I bisnisindonesia young entrepreneur award
  • Tahun 2007 =
  • indonesian small medium business entrepreneur award dari menkop dan ukm
  • indonesian innovative creatie award 2007 dari menteri koperasi dan ukm , menakertrans & menprin
Lain – lain
  • Tahun 2008- sekarang pemilik dan pendiri wwaralaba ayam & bebek goring sambel
  • Tahun 2007-sekarang pemilik & pendiri walaraba soto ayam kampoeng soroboyo jolali
  • Tahun 2006-sekarang pemilik & pendiri walaraba bakso malang cak eko

  1. Aspek kelayakan usaha
  1. Aspek pasar dan pemasaran adalah rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek dan rencana penyediaan input.
  2. Aspek teknis adalah aspek teknis yang dibuat dengan jelas agar teknisnya dapat dianalisis secarav tepat.
  3. Aspek keuangan adalah aspek yang tujuannya menghasilkan benefit dan profit.
  4. Aspek institutional, organisasional, manajerial adalah badan pelaksana badan bentuk organisasi yang sistem pengelolaannya dari usaha yang direncanakan.
  5. Aspek lingkungan adalah analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik positif maupun negative.
  6. Aspek legalitas adalah aspek yang tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan hukum.
  7. Aspek social dan ekonomi adalah aspek yang digunakan dalam proyek besar yang direncanakan dalam hal ekonomi.
  1. Iya dapat bertahan lama, karena Gerai baksonya sudah menjadi salah satu waralaba berprospektif dan meraih berbagai penghargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar