Senin, 01 Juli 2013

MAKALAH TENTANG ANALISIS KESUKSESAN "FUTSAL BAROKAH PERSADA"

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah saya diberi kesehatan dan kesempatan dalam menyelesaikan makalah yang berjudul 9 aspek kelayakan usaha “FUTSAL BAROKAH PERSADA”.
Kemudian tak lupa pula saya ucapkan banyak terima kasih kepada dosen mata kuliah kewirausahaan dan petunjuk beliaulah saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan perbaikan yang sedemikian.
Di dalam penyelesaian makalah ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sehingga makalah ini dapat lebih disempurnakan lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin.
Jakarta, juni 2013
Penulis










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………..i
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………..…….ii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang……………………………………………………………...……………..1
  2. Visi dan Misi………………………………………………………………………………2
BAB II PEMBAHASAN
  1. 9 Aspek Kelayakan Usaha………………………..………………………………………3
  2. Analisis Keberhasilan……………………………………………………………………..6
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN…………………...……………………………………………………………….8
SARAN……………………………………………………………………………………………8

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang

Belakangan ini hobi bermain futsal nampaknya semakin diminati dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, dari kota besar hingga daerah. Lapangan futsal mulai menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Selain menjaring banvak baru, juga menjadi lahan bisnis yang cukup menjajikan. Pertumbuhan bisnis futsal di Indonesia sangat signifikan, kalau boleh di bilang luar biasa. Bukan cuma di Jakarta, di Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Makasar, dan kota-kota besar lain. Lapangan futsal bermekaran laksana puspa di musim semi.
Futsal menjadi jawaban atas sempitnya lahan bermain di daerah perkotaan. Saat ini banyak lahan kosong dan lapangan olahraga lain yang berubah wajah menjadi lapangan futsal. Lapangan itu tidak hanya di miliki oleh Pemda melalui gedung-gedung olahraga (GOR), tapi makin hari makin banyak pula pengusaha yang mencoba terjun ke bisnis ini. Dan ini juga adalah salah satu jawaban untuk pengusaha-pengusaha baru yang ingin mencoba menekuni bisnis yang sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi orang lain ini. Mempunyai bisnis futsal rata-rata akan melonjak dari tahun ketahun dan perubahan meningkat secara signifikan.
Futsal adalah cabang olah raga yang lagi trend sekarang, banyak orang ingin bermain futsal namun terkendala dengan tempat yang layak dan menjamin keselamatan.
Lapangan futsal “BAROKAH PERSADA” didirikan pada tahun 2010 oleh bapak M.Marzuki. Lapangan futsal ini beralamat di jalan raya SMP 126. Lapangan futsal ini memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu dekat dengan sekolah-sekolah dan komplek. Ide dari pembangunan lapangan ini adalah tempat yang strategis dan di daerah itu belom ada tempat buat bermain futsal sehingga belom ada persaingan.





  • Visi dan Misi

Visi : Menjadikan futsal Barokah Persada sebagai lapangan futsal dengan fasilitas modern, lengkap dan menjamin keselamatan.

Misi :
  1. Menambahkan fasilitas free wi-fi dan menyediakan kamar mandi yang bersih dan nyaman.
  2. Menambahkan carpet vinile pada lapangan agar mengurangi dampak cidera bagi pemain futsal.
  3. Meminjamkan bola secara gratis bagi penyewa lapngan.
  4. Mengadakan perlombaan kompetisi futsal.
  5. Menyediakan lahan parkir yang luas.

















BAB II PEMBAHASAN

  1. 9 Aspek Kelayakan Usaha

  1. Peluang Usaha
Usaha futsal ini merupakan usaha baru karena lapangan futsal “BAROKAH PERSADA” belom membuka cabang. Usaha ini merupakan milik pribadi yang dikelola oleh bapak M.Maruki dan istri. Usaha ini didirikan pada tahun 2010.

  1. Pembiayaan
Biaya pembuatan lapangan futsal ini membutuhkan biaya yang besar sekitar Rp. 300.000.000,-. Dana yang dipeeroleh dari modal sendiri yang didapat dari orang tua bapak M.Maruki.

  1. Pemasaran
Berdasarkan analisis pemasaran yang ada, aspek pemasaran harus disesuaikan dengan target market yang akan kita bidik. Perlu diperhatikan empat aspek pemasaran yaitu 4 P:
Product
Produk / Jasa mencakup mutu, kemasan, layanan, rasa, purna jual yang disesuaikan dengan konsumen. Produk yang diberikan oleh “BAROKAH PERSADA” adalah sebuah jasa yang berupa tempat penyewaan lapangan bermain futsal.
Price atau Harga
Harga harus disesuaikan dengan target konsumen. Harga untuk konsumen yang berpenghasilan tinggi, menengan, atau bawah. Sesuaikan harga, produk dengan target konsumen. Harga yang diberikan oleh “BAROKAH PERSADA’’ cukup terjangkau untuk semua kalangan, hari biasa Rp. 85.000,-/jam sedangkan hari sabtu dan minggu Rp.100.000,-/jam.
Place = Tempat Menjual
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Setiap usaha mempunyai kharakteristik tempat yang disesuaikan dengan jenis usaha dan target  konsumennya. Lokasi “BAROKAH PERSADA” cukup strategis. Yaitu dekat dengan sekolahan dan komplek perumahan.
Promosi
Promosi yang dilakukan adalah membagikan brosur atau bisa dari mulut ke mulut. Selain itu waktu pembukaan lapangan futsal ini memberikan diskon untuk pelanggan pertama.

  1. Kepemilikan
Kepemilikan usaha ini dimiliki oleh bapak M.Marzuki. yang dikelola bersama istrinya.

  1. SDM
Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanya untuk memulai usaha seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses.

  1. Organisasi
Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan organisasi yang baik untuk memastikan proses pemasaran yang berlangsung dengan baik. Sistem organisasi yang buruk akan mengakibatkan adanya pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masih banyak lagi permasalahan organisasi. BAROKAH PERSADA mempunyai 6 orang pegawai dan pegawai-pegawainya itu masih saudara sendiri.
  1. Kepemimpinan
BAROKAH PERSADA dipimpin oleh bapak M.Maruki. Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik. Kreativitas seperti “thinking outbox” atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga akan sangat membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha anda. Kepemimpinan sangat penting dalam krisis untuk membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha.

  1. Evaluasi
  • Lingkungan pasar
Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat dan jalan menuju tempat produksi nyaman dan lokasi dekat dengan sekolah dan komplek perumahan.
  • Kondisi pasar
BAROKAH PERSADA memiliki fasilitas lengkap dan modern, selain itu ada kantin dan tempat parker yang luas.
  • Segmen pasar
  1. Remaja
  2. Pelajar
  3. Mahasiswa
  4. para penggila bola
  • Rencana pemasaran
Harga sewa lapangan :
Hari senin- jumat pukul 08.00-22.00 Rp. 85.000/jam
Hari sabtu dan minggu pukul 08.00-24.00 Rp. 100.000/jam


  • Sumber Modal
Modal Sendiri : Rp 300.000.000
  • Modal Investasi
Tanah seluas ( 5000 m²)
Bangunan seluas ( 4952 m²)
  • Aspek pasar
Aspek pasar lokasi futsal ini sangat strategis karena berdekatan dengan sekolahan dan kompleks perumahan dan didaerah itu belom banyak yang membuka usaha penyewaan lapangan futsal. Jadi persaingannya belom terlalu banyak.
  • Aspek teknis
BAROKAH PERSADA memberikan pelayanan yang baik agar para konsumen nyaman dengan pelayanan tersebut.
  • Aspek keuangan
Aspek yang paling penting dalam studi kelayakan usaha adalah perhitungan matematis untung rugi. Berapa modal yang dibutuhkan. Berapa biaya produksi, biaya promosi sehingga kita bisa menentukan harga jual yang kompetitif dengan memperjuangkan keuntungan yang diharapkan.
  1. Pengembangan usaha
Usaha futsal ini sedang dalam proses peningkatan kualitas dan kuantitas agar bisa membuka cabang dan bisa menjadikan lapangan futsal yang terbaik.

  1. Analisis Keberhasilan
  1. Kebutuhan pokok
Kehidupan pemilik futsal “BAROKAH PERSADA” sangat sederhana. Beliau tidak suka hidup bermewah-mewah. Rumahnya pun sederhana. Beliau juga ramah sama pegawai-pegawainya dan orang-orang.
  1. Hutang vs kartu kredit
Dalam usaha ini bapak M.Marzuki tidak meminjam uang untuk modal. Seluruhnya murni uang bapak M.Marzuki.
  1. Manfaat untuk orang lain
Manfaat usaha ini untuk orang lain adalah tempat bermain bola, karena di jaman sekarang sudah jarang lahan kosong buat bermain bola.
  1. Gaya hidup
Gaya kehidupan pemilik futsal “BAROKAH PERSADA” sangat sederhana. Beliau tidak suka gaya yang bermewah-mewahan. Beliau juga ramah terhadap semua orang.

















BAB III PENUTUP

KESIMPULAN
Menurut saya usaha futsal “BAROKAH PERSADA” dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan
SARAN
Mungkin inilah yang bisa saya sampaikan dalam penulisan malakah ini meskipun penulisan ini jauh dari sempurna minimal saya bisa memberikan informasi tentang kelayakan dalam berusaha. Masih banyak kesalahan dari penulisan makalah ini, karna saya hanya manusia yang tempatnya salah dan dosa dan saya juga butuh saran atau kritikan agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan yang lebih baik daripada sebelumnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Kewirausahaan Bapak Budiman yang telah memberi saya tugas ini demi kebaikan sara sendiri dan untuk Negara dan bangsa.

4 komentar:

  1. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Heny Sulistyowati, dari Jawa Barat di Indonesia, saya adalah seorang Muslim taat yang ingin saya gunakan
    Media ini mengingatkan semua orang tentang pinjaman yang berusaha berhati-hati terhadap penipu karena mereka ada dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial secara finansial, dan karena kebutuhan, keputusasaan dan kemiskinan saya, saya dikenai scam oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Daniel Mirabel yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp 317.000.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, mula-mula seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat Peringatan dari cicilan pertama saya 2 jam setelah saya melamar. Saya mendorong sesama orang Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi IbuMirabel melalui:
    mirabeldanielloanfirm@gmail.com
    Awas!

    Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via:

    Email: henysulistyowati009@gmail.com
    Facebook: Heny Sulistyowati
    nomor telepon: +6281556715166
    Hangout: Heny Sulistyowati

    BalasHapus
  3. APAKAH ANDA TERTARIK DENGAN PINJAMAN? PERDAGANGAN HUTAN? BITCOININVESTMENT? INVESTASI BINARY? Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    HUBUNGI KAMI HARI INI:
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491
    CEO Tel.: +1(914)705-7484
    Facebook: Rika Anderson Elfrida
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: #Rikaanderson
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  4. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN ASLI YANG TERJANGKAU HARI INI?

    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena pendanaan yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di area tertentu spesialisasi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! hubungi saya melalui email; (fariamichael67@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-810-214-0980

    Kami telah menyediakan lebih dari $ 1 Miliar dalam pinjaman bisnis untuk lebih dari 13.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami dijamin dan dijamin 100%, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah perusahaan pinjaman yang memiliki reputasi baik, sah, dan terakreditasi. Kami meminjamkan kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan uang tunai.
    Jadi silakan hubungi kami hari ini melalui email di; (fariamichael67@gmail.com)
    Whatsapp: + 1-810-214-0980

    BalasHapus