DISUSUN OLEH:
NAMA : DEWI NURIRIAN C
KELAS : 3DA01
NPM : 41211961
DAFTAR ISI
Cover
Daftar Isi
……………………....…………………………………………………………………. i
Pendahuluan
……………………………………………………………………………………... 1
Pembahasan
Dasar-dasar pemprosesan computer
…………………………………………………………….. 2
Software ……………………………...…………………………………………………………. 4
Kesimpulan
……………………………………………………………………………………… 7
Daftar Pustaka
…………………………………………………………………………………… 8
i
PENDAHULUAN
Komputer
adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan
bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah
sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk
melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi
ataupun program yang diberikan kepadanya.
Dasar-dasar pemprosesan komputer
1.
Central processing unit
(CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input
menjadi output.
·
Primary storage (penyimpanan primer),
berisi data yang sedang diolah dan program.
·
Control unit (unit pengendali), membuat
semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
·
Arithmatika and logical Unit , tempat
berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
2.
Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
3.
Secondary storage (penyimpanan
sekunder), menyedikan tempat untuk
menyimpan program dan data saat tiak digunakan.
4.
Unit Output, mencatat
hasil pengolahan.
ISI
1.
Dasar-dasar pemprosesan komputer
·
Arsitektur komputer
Sampai saat ini komputer sudah
mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki
arsitektur dasar yang sama. Skema komputer
(computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit
dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
Central processor unit
|
Control unit
|
Aritmathic logical unit
|
primary
storage
|
Data input
|
Data output
|
Secondary storage
|
Gambar 1. skema komputer
a. Central
processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit
sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
a. Primary
storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
- Control
unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu
sistem
- Arithmatika
and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika
dan logika.
b.
Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
c.
Secondary storage (penyimpanan
sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan
program dan data saat tiak digunakan.
d.
Unit Output, mencatat
hasil pengolahan.
·
Peralatan Input
Beberapa
alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai
alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input
dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila
terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal
melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE)
terminal atau Remote Batch terminal.
Alat
input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui
alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan
ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard,
pointing device, scanner, voice recognizer.
Alat input tidak
langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi
direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya
dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input
tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
·
Penyimpanan primer (primary
storage)
Penyimpanan
primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal
operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan
Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB). Bentuk-bentuk penyimpanan primer:
ü RAM
(random access memory), adalah memori yang
dapat diakses yaitu memori yang dapat diisi dan diambil isinya. RAM bersifat
volatile karena isinya akan hilang bilang listrik padam.
ü ROM
(read only memory) adalah memori yang hanya dapat
dibaca dan bersifat non volatile yaitu isi dari ROM tidak akan hilang jika
listrik padam. ROM berisikan intruksi dan data yang memberitahukan
komputer apa yang akan dilakukan pada
saat komputer dinyalakan.
ü Cache
Memory merupakan RAM khusus yang diletakkan
antara processor. Cache memory akan dibaca terlebih dahulu oleh processor
sebelum mencari intruksi atau data di RAM biasa.
·
Unit Output
Output
yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk,
yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan
dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan
langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk
proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat
output dapat berbentuk :
1.
Hard copy, alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol serta image
pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya Printer,
Plotter, COM (Computer Output Microform)
2.
Soft copy, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan,
image pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video
display, flat planel display, speaker.
2.
Software
Perangkat lunak (software) adalah satu
atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat
lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai
komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini
disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan
diri dalam membuat perangkat lunak. Ada 3 jenis dasar perangkat lunak sistem:
sistem operasi, penterjemah bahasa dan program utility.
Perangkat
lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa
pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus.
·
Sistem Operasi (Operating
Sistem)
Sistem
operasi yang biasa dikenal dengan singkatan OS merupakan program yang memiliki
fungsi sebagai interface/penghubung antara pemakai dengan perangkat lunak dan
perangkat keras. OS layaknya seperti manajer di dalam perusahaan , yaitu
bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem
komputer.
Fungsi
utama Sistem Operasi
- Manajemen
proses, mencakup penyiapan, penjadwalan,
dan pemantauan proses pada komputer.
- Manajemen
sumber daya, berkaitan dengan pengendalian
terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh
program sistem atau program aplikasi saat itu.
- Manajemen
data, pengendalian terhadap data masukan/keluaran,
termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpan sekunder maupun
dalam memori utama.
Tujuan utama
Sistem Operasi
1. Mempermudah
penggunaan sistem komputer terutama pemrogram.
2. Memberikan
layanan bagi program aplikasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer.
3. Mengusahakan
agar sumber daya sistem komputer digunakan secara efisien.
Contoh OS : DOS, Windows 95, Windows 98, Windows Me/
Windows XP
Windows NT/Windows
2000, OS/2, Unix, Linux
Perangkat
Lunak Aplikasi (PLA)
Perangkat
lunak ini membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual perusahaan. PLA diperoleh dengan 2 cara
yaitu:
1.
Membuat sendiri (custom
programming)
Sebagian
perusahaan yang menggunakan komputer besar dengan dibantu staf spesialis informasi, merancang sistem
berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka
adalah koleksi perangkat lunak (software library) dari program pesanan (custom
program).
2.
Membeli jadi (preweritten
package).
Beberapa
program aplikasi jadi yang terdapat dipasaran dapat dikelompokkan menjadi empat
kelompok::
1.
Paket Aplikasi Bisnis
Umum
2.
Paket Aplikasi Khusus
industri
3.
Paket Aplikasi
Peningkatan Produktivitas Organisasi
4.
Paket Produktivitas
Perorangan
Peranan
peralatan input, output dan perangkat lunak dalam pemecahan masalah.
Semua
alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara
langsung dan tidak langsung. Contoh:
keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm
(berperan tidak langsung).
Seperti
halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak
langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis
umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi
peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung),
spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan
langsung).
KESIMPULAN
Semua
alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara
langsung dan tidak langsung. Contoh:
keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm
(berperan tidak langsung).
Seperti
halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak
langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis
umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi
peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung),
spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan
langsung).
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir, Pengenalan Sistem
Informasi, Andi Jogyakarta, 2003, Bab1, Bab 3, Bab 4
E.S Margianti, D. Suryadi H.S, Sistem Informasi Manajemen, Gunadarma,
1994, Bab 5, Bab 6
Jogiyanto, Pengenalan Komputer,
Andi Jogyakarta, 1999, Bab 21
McLeod, Management Information System,
Prentice-Hall, 1998, chapter 8,9,10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar